Sabtu, 01 Agustus 2009

Bintang Sains : SIR ISAAC NEWTON



Isaac Newton Adalah seorang ilmuan besar dan berpengaruh yang pernah hidup didunia. Ia lahir di Woolstrope, inggris tepat pada hari natal tahun 1642 bertepatan dengan wafatnya Galileo. Di masa kecilnya dia sudah menunjukan kecakapannya di bidang mekanika dan teramat cekatan menggunakan tangannya.
Meskipun Newton memiliki otak cemerlang pada saat kanak-kanaknya dia tampak ogah-ogahan dan tidak banyak menarik perhatian.

Tatkala menginjak akil baliq, ibunya mengeluarkanya dari sekolah dengan harapan anaknya menjadi petani yang baik. Untungnya sang ibu bias dibujuk, bahwa bakat utama Newton bukan disitu, pada usia 18 tahun dia masuk universitas Cambridge.
Disinilah Newton Secara kilat menyerap apa yang disebut ilmu pengetahuan dan matematika.

Pada tahun 1668, Newtonmerancang sekaligus membangun teropong Refleksi Pertama, Model teropong yang di pergunakan oleh sebagian Penyelidik bintang-bintang saat ini. Dalam bidang matematika Newton mempersembahkan Penemuan terbesarnya yaitu ” Kalkulus Integral ” yang merupakan hasil karya terpenting dalam tumbuhnya teori Matematika modern.

Penemuan-Penemuan Newton Yang terpenting Adalah di bidang Mekanika yaitu Pengetahuan Sekitar Bergeraknya suatu benda
Newton tidak hanya menetapkan hokum-hukum mekanika, tapi tapi dia juga menggunakan alat kalkulus Matematika Dan Menunjukan bahwa Rumus-Rumus Fundamental ini dapat Untuk memecahkan masalah.

Tahun 1678 Newton menerbitkan buku karyanya yang masyur prinsip-prinsip Matematika mengenai fisalfat alamiah . dalam buku itu Newton Mengemukakan Teorinya tentang hokum hokum berat dan tentang hokum gerak.
Atas karya-karyanya itu itu Newton dianggap seorang ilmuwan terbesar dari yang terbesar.

Newton menghembuskan nafas terakhir pada tahun 1727 , dan di kebumi kan di Westminster Abbey.

Sumber: Seratus tokoh
Yang paling berpengaruh dalam sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar